Thursday, October 13, 2011

DURIAN MERAH (DURIO)

Kalau di Kalimantan terkenal dengan Arwana Merahnya, sebetulnya masih ada satu lagi warna merah tetapi dari jenis buah-buhan liar yang menarik untuk dicoba. Jika Anda sedang berjalan-jalan ke Kalimantan khususnya di daerah Balikpapan, Samarinda dan Palangkaraya Anda akan mudah menemukan Durian Merah buah ini termasuk golongan durian liar.

Rasanya mendekati durian tetapi agak manis, legit dan baunya tidak bertahan lama seperti durian dan mudah di temukan. Buah Durian Merah, kelihatannya masih kerabat dekat dengan durian akan tetapi kulit pada umumnya berwarna kuning dan daging buah berwarna merah pula, daging buah pada umumnya tebal dan renyah atau tidak lembek kalau dari segi bau Durian Merah ini tidak terlalu menyengat dan harus lebih dekat penciuman kita kalau ingin mengetahuai baunya, buah ini masih banyak kita temui pada saat ini karena pohonnya bisa tumbuh di mana aja dan bisa di budidayakan seperti halnya pohon durian. Dan satu hal yang penting karena kurang disyukuri buah ini sebagai anugerah Tuhan yang unik dan langka, maka sekarang ini banyak masyarakat yang menebang pohon Durian Merah ini dengan alas an tidak bernilai ekonomis.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Malvales
Famili: Malvaceae (Bombacaceae)
Genus: Durio

Di daerah Kalimantan sendiri sebetulnya tidak terlalu sulit untuk menemukan pohon durian merah ini, tetapi budidaya secara intensif belum dilakukan secara optimal. Hal ini berarti masih terbuka peluang untuk budidaya durian merah sehingga bernilai ekonomis seperti saudaranya yaitu durian montog. Dengan metode rekayasa genetika kemungkinan akan lebih cepat dihasilkan jenis durian merah yang berkualitas nomor satu. Dari sisi tampilan dan nama saja sudah akan membuat orang tertarik untuk mencicipinya, apalagi didukung dengan rasa yang benar-benar mak..nyosss…pasti akan membuat Anda semua ketagihan.

Sebetulnya masih ada satu lagi Durian Merah jenis lain di Kalimantan dikenal dengan nama Durian Lahong. Durian Lahong ini sungguh unik. Selain bunganya berwarna merah, kulit buahnya juga berwarna merah hingga merah tua.

Durian Lahong ini berbeda dengan kerabatnya Durian Merah "Buah Lay (Durio graveolens)", Walaupun Buah Lay (terutama Lay Rencong) buahnya berwarna merah, tetapi kulit buahnya tidak merah. Durian Lahong ini kulit buahnya juga tak terbelah meski buah masak telah jatuh dari pohon.