Friday, April 29, 2011

KURA-KURA, LABI-LABI DAN PENYU


Ketiga nama hewan tersebut sering membuat kita bingung, bahkan sering kali salah sebut. Ketiganya memang masih bersaudara. Kura-kura, labi-labi dan penyu hampir semua bisa berenang, tetapi untuk kura-kura ada dua jenis yaitu kura-kura darat yang habitat hidupnya hampir seluruhnya di darat, sedangkan untuk kura-kura air yang sering disebut hewan semi aquatic ini habitatnya separuh di darat dan separuhnya di habiskan di air.

Sedangkan untuk labi-labi seluruh hidupnya dihabiskan di dalam air yang dangkal, ya karena mereka bernafas dengan paru-paru bukan ingsang seperti ikan, jadi sekali waktu masih perlu muncul ke permukaan untuk ambil udara segar lalu di simpan dalam karapasnya untuk dipakai bernafas di dalam air.


Bagaimana dengan penyu?
Penyu habitat utamanya adalah di lautan lepas, ke darat hanya setiap 2-3 tahun sekali untuk bertelur. Setelah itu penyu kembali kelautan lepas lagi. Dan yang lebih menarik lagi penyu akan bertelur di daerah di mana dulu dia dilahirkan, jadi kalau daerah tempat bertelur penyu rusak, pasti akan menyebabkan berkurangnya populasi penyu apalagi di tambah dengan perburuan liar yang tidak terkendali.

baca selengkapnya